Warung kopi atau yang biasa kita dengar kedai kopi adalah sebuah tempat usaha yang biasanya menyediakan kopi, berbagai jenis kopi seperti espresso, latte maupun cappuccino tersedia disini. Selain itu warung kopi juga menyediakan makanan berupa cemilan ringan, sandwich, muffin, buah, ataupun kue kering. Warung kopi juga dapat dilihat sebagai pusat interaksi sosial untuk berkumpul, menulis, membaca, menghibur satu sama lain, atau menghabiskan waktu, baik itu secara individu atau berkelompok.

Saat ini usaha warung kopi sudah menjadi salah satu usaha rumahan ataupun konvensional yang telah menjamur di berbagai tempat dan akan terus masih populer untuk waktu yang lama. Seiring perkembangan jaman, semakin banyak kreasi-kreasi menu kopi andalan yang dijual di warung kopi. Walaupun sederhana, cita rasa pada setiap seduhan kopi memiliki varian yang berbeda.

Semakin besarnya minat para pengusaha muda bermunculan untuk menjadikan warung kopi sebagai salah satu usaha yang digeluti, saat ini tidak sedikit warung kopi yang bermunculan di komplek perumahan. Bisa dibilang bahwa hal seperti ini sudah menjadi salah satu trend yang sangat populer. Melihat banyaknya permintaan masyarakat ingin menikmati kopi dengan mudah, warung kopi rumahan hadir untuk dapat memberikan solusi tersebut.  

Jadi, buat kalian para pengusaha muda yang ingin memulai usaha warung kopi rumahan, memikirkan sebuah konsep terbaik dan memiliki kesan warung kopi dengan desain yang unik juga merupakan salah satu daya tarik yang harus diperhitungkan untuk dapat menarik minat para pelanggan.

Dengan ketatnya persaingan warung kopi yang sudah bermunculan terlebih dahulu, kalian harus mampu mengikuti trend saat ini. Memiliki konsep desain warung kopi yang kekinian menjadi salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk dapat bersaing dengan warung kopi lainnya.

Ide Design Warung Kopi Rumahan:

Banyak design interior minimalis dan sederhana yang dapat menjadi pilihan untuk inspirasi warung kopi. Akan tetapi, mempertimbangkan soal budget dan ketersediaan lahan juga menjadi salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya di dalam membuat sebuah warung kopi. Berikut ini beberapa inspirasi desain warung kopi rumahan yang unik dan kekinian.

1. Coffee bar ala barat

Kedai kopi seperti pada film-film ala barat bisa menjadi salah satu inspirasi untuk membuat warung kopi yang unik dan kekinian saat ini.  Dengan mengadaptasi gaya barat yang sederhana akan tetapi tetap menjaga kearifan lokal. Kalian dapat dapat memulai mendesain warung dengan nuansa agak gelap dan memiliki aksen kayu-kayu pada ruangan. Dengan adanya lampu gantung juga akan menimbulkan kesan yang klasik pada warung kopi.

2. Warung kopi rumahan kontainer bekas

Warung kopi rumahan menggunakan kontainer bisa juga menjadi salah satu pilihan ide desain unik dan kekinian. Dengan memiliki warung kopi dengan ukuran kontainer yang sesuai menjadi hal yang tepat, karena kalian tidak perlu banyak ruang yang dipergunakan tentunya. Konsep warung kopi kontainer ini memang sedang populer saat ini, karena sifatnya yang tidak terlalu susah untuk dipindah-pindah. 

3. Garasi mobil yang dimodifikasi

Apabila kalian memiliki area garasi mobil yang cukup luas, ini dapat memungkinkan kalian untuk dapat memodifikasinya menjadi sebuah warung kopi. Hanya perlu menata area garasi tersebut dan memodifikasinya dengan meja bar panjang, meja bulat, beberapa kursi, hiasan tanaman dan dekorasi dinding. Dengan mengambil konsep open kitchen, para pelanggan yang berbelanja dapat melihat bagaimana proses pembuatan kopi.

4. Warung kopi industrial

Menggunakan konsep bangunan yang setengah jadi juga merupakan salah satu yang menjadi populer untuk warung kopi saat ini. Dengan membiarkan sudut rumah tanpa cat, akan tetapi tetap memperlihatkan sisi artistik untuk warung kopi itu sendiri.

5. Warung kopi rumahan lapak tenda

Sekedar menggunakan konsep tempat nongkrong sambil ngopi, lapak tenda di area halaman rumah sudah sangat cukup nyaman untuk digunakan pada warung kopi. Dengan mengeluarkan modal yang tidak terlalu tinggi, seperti meja, kursi, beberapa alat-alat games dan terpal untuk dapat berteduh sembari menikmati hidangan secangkir kopi.

6. Warung kopi bernuansa jepang

Menciptakan warung kopi kecil rumahan dengan nuansa jepang, lebih menonjolkan aksen kayu minimalis dengan beberapa kursi yang biasanya langsung menatap si pembuat kopi. Kesan yang diperkuat dengan beberapa tanaman hias bonsai atau kaktus. Konsep seperti ini biasanya juga sering menjadi pilihan, karena tidak memerlukan area yang terlalu luas.

7. Design minimalis dengan nuansa putih

Memiliki konsep warung kopi dengan nuansa serba putih juga selalu menarik perhatian para pelanggan. Inspirasi serba putih ini menggambarkan suasana yang nyaman, bersih apalagi dengan dipadukan dengan beberapa tanaman – tanaman hias berwarna hijau. Tapi perlu di ingat kalian tentu harus sering menjaga kebersihannya.

coffee rumahan minimalis

8. Design minimalis dengan nuansa monokrom

Mural hitam dan putih adalah salah satu pilihan yang bisa kalian pakai untuk menciptakan sebuah kesan yang sangat asyik namun tetap elegan dan simpel. Biasanya dengan gradasi warna senada atau monokrom membuat warung kopi menjadi tempatnya para remaja sosialita jaman sekarang.

9. Warung kopi bernuansa vintage

Menggunakan konsep jadul atau lawas juga sering sekali digunakan warung atau kedai kopi saat ini. Warung kopi bernuansa vintage ini memang sangat cocok untuk rumahan, dengan memperhatikan beberapa interior atau eksterior rumah yang jadul, seperti contoh pintu tua, jendela rumah tua, kursi, meja ataupun alat-alat rumah tangga yang terlihat tua atau kuno. Kebanyakan orang – orang akan tertarik dengan nuansa vintage, serasa minum kopi sambil menikmati indahnya masa yang telah lalu.

coffee shop minimalis

10. Warung kopi sepeda

Ide yang satu ini menggabungkan konsep sepeda atau gerobak dengan lapak warung kopi kekinian. Dengan memiliki bentuk seperti gerobak yang dapat didorong dengan menggunakan sepeda tambahan untuk mengayuh. Desain warung kopi rumahan ini sangat mudah dipindahkan sesuai keinginan. Kalian bisa membawa gerobaknya ke area terbuka di sekitar rumah atau hanya berjualan didepan rumah saja. Kalian juga bisa menyimpan gerobak kopi tersebut dihalaman rumah atau di dalam garasi kalian. Sangat praktis bukan?

11. Memanfaatkan lahan samping gang

Kalian dapat memanfaatkan lahan sempit di samping gang untuk membangun warung kopi, apabila tinggal di daerah dengan jalan yang sempit dan masuk di dalam gang. Cobalah dengan mendesain warung kopi rumahan yang terbuat dari kayu. Hal tersebut karena kayu sangat mudah untuk dipasang, mudah dibentuk, ringan tapi kokoh. Material kayu juga memberikan kesan natural yang unik dan instagramable.

12. Kios bambu yang minimalis

Konsep dengan kios bambo biasanya sangat cocok dengan dapur atau tempat memesan minuman. Kalian bisa memanfaatkan area halaman rumah dengan menggunakan konsep kios bambu minimalis tersebut. Akan lebih menghemat budget dan sangat efisien lah!

Demikian 12 inspirasi desain warung kopi rumahan yang bisa kalian terapkan ketika ingin memulai bisnis coffee shop. Tertarik untuk mencoba inspirasi nomor berapa? Atau kalian punya inpirasi desain warung kopi lainnya? Share di kolom komentar ya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Register

Reset Password

Please enter your username or email address, you will receive a link to create a new password via email.